• Breaking News

    Friday, February 10, 2017

    Apa yang dibutuhkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja?

    Apa yang dibutuhkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja ?

    Para mahasiswa yang baru saja lulus dari kampus membutuhkan persiapan khusus agar dapat menyesuaikan diri dengan dunia baru mereka, dunia kerja. Selamat datang!
    Nah disini saya akan membagikan suatu artikel apa-apa saja yang dibutuhkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja
    shutterstock_107202623
    Mandiri secara finansial bukanlah hal mudah, dan inilah hal pertama yang harus dihadapi para lulusan universitas yang mulai menginjakkan kaki di kantor. Nah, para mahasiswa yang berkuliah sembari bekerja, bahkan membayar kuliah dari hasil kerja mereka sendiri, dinilai lebih mampu bertahan di dunia kerja setelah lulus dibandingkan mereka yang nggak pernah menjalani kerja paruh waktu.

    Manajemen waktu
    Cobalah mulai bekerja paruh waktu di tingkat akhir perkuliahan. Perlu diingat, ketika memutuskan kuliah sambil bekerja, waktumu bukan lagi hanya untuk masuk kelas. Kamu harus bisa menunjukkan performa yang baik pada kedua hal tersebut. Jika indeks prestasi tiba-tiba anjlok, maka risikonya adalah kelulusan yang tertunda, sementara jika pekerjaan yang nggak berjalan mulus, maka kamu akan diberhentikan. Konsekuensi inilah yang memacumu untuk berusaha lebih keras dan pantang menyerah.

    Budaya kantor
    Ingat, budaya kantor sama sekali berbeda dengan di kampus. Di kantor, kamu harus belajar bertutur dan bersikap dewasa. Setiap hal yang kamu lakukan memengaruhi kinerja dan nasib kariermu.

    Performa
    Saat bekerja, dirimu adalah cerminan pekerjaan dan kantor. Jadi, apa pun yang kamu lakukan, bersikaplah sebagai seorang karyawan profesional yang membawa nama baik kantor, bukan lagi mahasiswa yang baru saja lulus dan sedang mencari jati diri. Dirimu adalah pekerjaanmu.

    Pengaturan keuangan
    Saat kamu sudah bisa menghasilkan uang sendiri, gunakanlah sesuai dengan kebutuhan. Tunjukkan kepada orangtua kalau kamu memang sudah bisa mengatur keuangan. Mulai pula menyisihkan sebagian gajimu untuk berinvestasi agar terbebas dari permasalahan keuangan di kemudian hari.

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel